INOVASI
PENENTUAN JURUSAN SISWA KELAS X DENGAN PENGGUNAAN DATA MINING
DI SMA 1
MUHAMMADIYAH
Oleh : Devi Nova Riza, Suhartatik, Dyah
Rohmawati
Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknik
Universitas Muria Kudus
Abstraksi
Perkembangan informasi dan teknologi
saat ini sudah merambah ke seluruh bidang yang ada di masyarakat, sehingga data
yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu informasi pada sebuah
instansi/perusahaan semaik besar, kumpulan data yang sangat besar ini
dikenaldengan stilah “Data Warehouse”.
Kumpulan data yang terhimpun di dalam data warehouse ini dapat diambil suatu
informasi yang berguna bagi kemajuan suatu instansi atau organisasi yang
dikenal dengan “Data Mining”. Data mining merupakan sebuah cara yang
digunakan untuk mendapatkan suatu informasi dari data warehouse dengan
mengenali pola dari kumpulan data yang berjumlah besar.
SMA 1 MUHAMMADIYAH merupakan salah satu
sekolah yang bertempat di Jepara. Disana memiliki sejumlah siswa yang berjulah
besar, sehingga untuk menentukan jurusan dari siswa kelas X yang akan mengambil
jurusan pada kelas XI antara masuk IPA/IPS. Maka dari itu sistem penentuan
jurusan dengan metode cluster data ini diharapkan dapat membantu sekolah
tersebut untuk dapat menentukan jurusan yang sesuai dengan kemampuan siswa yang
didasarkan pada data nilai-nilai kelas X.
Kata kunci : Data
warehouse, data mining, cluster
Abstract
Advance of information and current technology has
penetrated into all fields that exist in society, so that the data required to
obtain some information on an agency / company grew, a very large data sets is
known as the "Data Warehouse". Collection of aggregate data in the
data warehouse can be retrieved any information which is useful for the
progress of an agency or organization known as "Data Mining". Data
mining is a means used to obtain some information from the data warehouse to
identify patterns of a collection of large amounts of data.
SMA 1 MUHAMMADIYAH is one school located in Jepara.
There have a number of students who were increased, so as to determine the
direction of class X will be majoring in class XI between incoming IPA / IPS.
Thus the determination of major systems by the method of data clusters is
expected to help the school to be able to determine the department in
accordance with the student's ability based on the data values of class X.
Keywords : Data
warehouse, data mining, cluster
I.
PENDAHULUAN
Pendidikan disekolah saat ini dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing
dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki. Selain sumber daya sarana,
prasarana, dan manusia, sistem informasi adalah salah satu sumber daya yang
dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Sistem informasi dapat
digunakan untuk mendapat, mengolah, dan menyebarkan informasi untuk menunjang
kegiatan operasional sehari-hari sekaligus menunjang kegiatan pengambilan
keputusan strategis. Hambatan yang sering ditemui adalah kenyataan bahwa sistem
informasi yang ada belum terintegrasi secara sempurna dan mengakibatkan
informasi yang tersaji kurang lengkap atau kurang akurat.
Penggunaan data
warehouse merupakan salah satu cara untuk mengekstrak informasi penting
dari data yang tersebar di beberapa sistem informasi. Data yang sudah
terintegrasi selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penyampaian
informasi yang dapat ditinjau dari berbagai dimensi dan dapat diatur tingkat
rinciannya. Pemanfaatan lebih lanjut dari informasi yang ada dalam data
warehouse adalah kegiatan analisa data dengan menggunakan teknik- teknik
clustering.
Dalam penelitian ini,
dibangun sebuah data warehouse dengan teknik cluster untuk
Sekolah Menengah Atas dalam menentukan jurusan untuk kelas X di SMA 1
MUHAMMADIYAH . SMA 1 MUHAMMADIYAH adalah Sekolah swasta di Kabupatan Kutai
Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Di SMA 1 MUHAMMADIYAH menyadari bahwa untuk memanfaatkan data yang
ada di dalam sistem informasi untuk menunjang kegiatan pengambilan keputusan,
tidak cukup hanya mengandalkan data operasional saja, diperlukan suatu analisa
data untuk menggali potensi- potensi informasi yang ada. Untuk itulah perlu
dibangun sebuah data warehouse yang selanjutnya dapat dianalisis
menggunakal data mining diharapkan dapat memberikan pengetahuan- pengetahuan
yang tadinya tersembunyi di dalam gudang data.
II. PENGETAHUAN
DATA
Pertumbuhan
yang pesat dari akumulasi data telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi
minim informasi. Pengumpulan data dan pengubahan data menjadi suatu informasi
sangatlah sulit untuk dilakukan. Padalahal, Pengolahan data menjadi suatu
informasi yang berguna sangat diperlukan dalam situasi saat ini. dalam
permasalahn kali ini, bagaimana cara mangolah data siswa yang dapat memudahkan
dalam menentukan jurusan untuk kelas X?.
A.
SMA 1 MUHAMMADIYAH
·
Sejarah SMA
1 MUHAMMADIYAH.
SMA MUHAMMADIYAH Mayong Jepara adalah
sekolah islam, didirikan dan diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan
Muhammadiyah tahun 1985. Berkat kerja keras Majelis Dikdasmen Muhammadiyah,
Kepala Sekolah, para Guru, karyawan dan peran semua warga maka pada tahun 1985
telah berstatus "DIAKUI".
Pada Tahun 2007 telah terakreditasi "B". dan tahun 2006/2007 sdah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) dan berupaya melaksanakan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) untuk tahun berikutnya.
Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
Pada Tahun 2007 telah terakreditasi "B". dan tahun 2006/2007 sdah melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) dan berupaya melaksanakan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) untuk tahun berikutnya.
Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :
1. Tahun 1985-1992 dipimpin oleh Bapak
Drs. Umar Hasim
2. Tahun 1992–1995 dipimpin oleh Bapak
Said Oet, BA.
3. Tahun 1995-2003 dipimpin oleh Bapak
Ubaeid Zubaidi, S.Pd
4. Tahun 2003-2008 dipimpin oleh Bapak
Drs. H. Soenardi
5. Tahun 2008 dipimpin oleh Bapak. Drs.
Hery Totowiyono. hingga sekarang.
·
Visi-Misi
SMA 1 MUHAMMADIYAH.
Visi :
Terciptanya output pendidikan yang berakhlaq mulia, berkualitas dalam ilmu, cerdas, terampil, dan mandiri dalam menghadapi era Globalisasi.
Terciptanya output pendidikan yang berakhlaq mulia, berkualitas dalam ilmu, cerdas, terampil, dan mandiri dalam menghadapi era Globalisasi.
Misi :
1. Mengedepankan pada aqidah dan akhlaq
sebagai basis penguatan IPTEK..
2. Meningkatkan bekal keterampilan
siswa melalui ekstrakulikuler untuk menunjang akademik.
B.
Data mining
Kemajuan
dalam pengumpulan data dan teknologi penyimpanan yang cepat memungkinkan
organisasi menghimpun jumlah data yang sangat luas. Alat dan teknik analisis
data yang tradisional tidak dapat digunakan untuk mengektrak informasi dari
data yang sangat besar. Untuk itu diperlukan suatu metode baru yang dapat
menjawab kebutuhan tersebut. Data mining merupakan penambangan atau
penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah
data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut.
Data
mining seharusnya dipahami sebagai suatu proses, yang memiliki tahapan-tahapan tertentu
dan juga ada umpan balik dari setiap tahapan ke tahapan sebelumnya. Pada
umumnya proses data mining berjalan interaktif karena tidak jarang hasil data
mining pada awalnya tidak sesuai dengan harapan analisnya sehingga perlu dilakukan
desain ulang prosesnya (Fayyad,1996).
Gambar 1 :
Tahap-Tahap Data Mining
Selain
tahap- tahap dalam data mining juga ada beberapa teknik didalam menganalisis
data mining. Teknik- teknik tersebut adalah:
a.
Clases
Kelompok
data yang tersimpan digunakan untuk mencari Suatu data untuk dapat dianalisis
berdasarkan Perilaku Konsumen.
b.
Cluster
Digunakan
untuk menganalisis pengelompokan, teknik ini mirip dengan teknik classes,
tetapi analisisnya berdasarkan perilaku pasar (menebak target pasar)
c.
Asosiasi
Digunakan
untuk mengetahui hubungan antara satu produk dengan produk yang lain dengan
menganalisis yang dilakukan oleh perusahaan.
d.
Sequential
Patterns
Digunakan
untuk mengetahui hubungan antara satu produk dengan produk yang lain, mirip
asosiasi tetapi cara menganalisisnya menggunakan pola perilaku dan tren
(pasar).
C.
Penentuan
Jurusan
Dalam menentukan
suatu jurusan diperlukan kegiatan Evaluasi, Perancangan, dan pengambilan
keputusan yang dapat dilakukan dengan lebih baik jika sebuah organisasi yang
lengkap, cepat, tepat, dan akurat. Untuk sebuah sekolah swasta yang sudah
memiliki fasilitas dalam mengembangkan sistem informasi dan teknik informatika,
informasi yang dibutuhkan dapat diekstrak dari data operasional yang tersimpan
dalam database yang terintegrasi. Dalam pengujian ini mangkaji ekstraksi dari data
operasional yang tersimpan dan kemudian
dilanjutkan dengan kegiatan analisis data menggunakan teknik data mining.
Sebelum
menentukan jurusan maka dikelompokkan terlebih dahulu data induk siswa dan data
nilai siswa kelas X. Dalam penentuan jurusan di SMA 1 MUHAMMADIYAH didasarkan
pada nilai Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah
dan Matematika disesuaikan pula dengan minat masuk dalam jurusan IPA, bagi
siswa yang mempunyai indeks prestasi akademik tersebut akan dimasukkan pada
jurusan IPA. Akan tetapi, jika indeks preatasi akademik yang lebih menonjol
adalah mata pelajaran Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris dan Matematika disertai dengan bakat minat masuk dalam jurusan
IPS, maka akan dimasukkan pada jurusan IPS. Dikarenakan di SMA MUHAMMADIYAH
hanya ada dua jurusan yaitu IPA dan IPS maka penentuan jurusannya hanya ada IPA
dan IPS.
III.
PERANCANGAN
SISTEM
A.
Perancangan
Arsitektur
Sumber data
operasional yang digunakan adalah database jurusan yang merupakan database
berisi data siswa, data mata pelajaran dan data penilaian. Data siswa tersebut
berisikan beberapa field diantaranya no induk siswa sebagai primary key, nama
siswa, alamat, dan kelas. Data mata pelajaran berisi field kode mata pelajaran
sebagai premary key, dan nama mata pelajaran. Data penilaian berisi field no
induk siswa, kode mata pelajaran dan nilai.
B.
Pemodelan Data
Desain database merupakan
gambaran atau rancangan tabel yang akan digunakan dalam pembuatan program yang
merupakan hasil dari pengujian serta analisa perancangan seperti yang telah
dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.
Berikut ini table-tabel
dalam database “jurusan” yang digunakan untuk Sistem Penentuan Jurusan:
Tabel 1
Nama Tabel : siswa
Fungsi : Menyimpan
data siswa
Primary Key :
NIS
Foreign Key : -
Gambar 2 : Struktur Tabel Siswa
Tabel
2
Nama Tabel : pelajaran
Fungsi : Menyimpan
data Mata Pelajaran
Primary Key :
kode_mapel
Foreign Key : -
Gambar 3 : Struktur Tabel Pelajaran
Tabel
3
Nama Tabel : penilaian
Fungsi : Menyimpan
data nilai
Primary Key :
NIS dan kode_mapel
Foreign Key : -
Gambar 4: Struktur Menu
Penilaian
Dalam perancangan
database di atas terdapat tabel-tabel yang saling berhubungan. Keterhubungan
tabel-tabel tersebut digambarkan dengan relasi antartabel sebagai berikut:
Gambar 5: Relasi Table
IV.
PERANCANGAN
INTERFACE
Struktur menu dalam penentuan jurusan untuk kelas X
di SMA 1 MUHAMMADIYAH adalah sebagai berikut:
Gambar 6: Struktur Menu
Penentuan Jurusan
A. Halaman
Login
Halam Login
digunakan untuk tahap pertama masuk kedalam sistem aplikasi penentuan jurusaan.
Gambar 7:
Halaman Login
B. Desain
Halaman Utama
Gambar 8: Halaman Utama
Aplikasi
C.
Menu-menu Aplikasi
Menu-menu aplikasi ini
merupakan menu pilihan untuk menuju pada aplikasi yang lain seperti pendataan
Siswa, Pendataan Pelajaran, Pendataan Penilaian, view Penentuan Jurusan, view
Grafik, about dan Guild.
Gambar 9: Menu Aplikasi
Gambar 10: Menu Pendataan
Gambar 11: Menu View
Gambar 12: Menu Help
D.
Form Siswa
Pada pendataan
form siswa ini dapat digunakan untuk melihat data siswa, menyimpan data siswa,
menghapus data siswa, mengganti data siswa dan menambah data siswa.
Gambar 13: Halaman Data
Siswa
E. Form
Pelajaran
Form Pelajaran ini dapat digunakan
untuk melihat data mata pelajaran,
menyimpan data mata pelajaran, menghapus data mata pelajaran, mengganti data
mata pelajaran dan menambah data mata pelajaran.
Gambar 14: Halaman Data
Pelajaran
F.
Form Penilaian
Pada pendataan form penilaian ini dapat digunakan
untuk melihat daftar nilai, menyimpan data nilai, menghapus data nilai,
mengganti data nilai dan menambah data nilai.
Gambar 15:
Halaman Data Penilaian
G.
Form Penentuan Jurusan
Pada form penentuan jurusan ini digunakan untuk
mengelompokkan siswa kelas X yang masuk pada jurusan IPA atau IPS dari data
yang telah diinputkan. Form penentuan jurusan ini disertai juga jumlah nilai
siswa yang masuk pada jurusan IPA dan jumlah nilai siswa yang masuk pada
jurusan IPS.
H. Form
Grafik
Form grafik
ini digunakan untuk mempermudah dalam pembacaan. Dalam gambar form grafik ini
menjukkan jikan banyaknya siswa yang masuk pada jurusan IPA ada 54 siswa jika
dipersentase sebanyak 45 %, sedangkan siswa yang masuk pada jurusan IPS ada 67
jika dipersentase ada 55,83 % dan selebihnya adalah yang mempunyai skor atau
mempunyai jumlah nilai IPA dan IPS yang sama ada 2 siswa jika dipersentase
sebanyak 0,08%.
Gambar 4.12: Halaman
View Grafik
I.
Form About
Gambar
4.13: Halaman About
J.
Form Guild
Gambar 4.14:
Halaman Guild
V.
ANALISIS SISTEM UNTUK KEBUTUHAN
Untuk merancang
dan membangun sistem Penentuan Jurusan di SMA 1 MUHAMMADIYAH diperlukan software-software
sebagai berikut:
1.
Microsoft
Windows 7 Ultimate
2.
Microsoft
Office Access 2007
Digunakan untuk
membuat DataBase.
3.
Microsoft
Visual Basic 6.0
Digunakan untuk
merancang aplikasi sistem penentuan jurusan untuk kelas X di SMA 1 MUHAMMADIYAH
Mayong Jepara.
4.
Adobe
Photoshop CS2
Digunakan untuk
mendesain, membuat, atau pun memperbaiki gambar yang digunakan dalam tampilan
halaman aplikasi.
5.
Microsoft
Visio 2003
Digunakan untuk membuat struktur menu penentuan jurusan.
KESIMPULAN
1.
Dengan
menggunakan metode data mining mempermudah bagi pihak SMA 1 MUHAMMADIYAH untuk
menentukan jurusan bagi siswa kelas X yang akan masuk ke kelas XI.
2.
Efektivitas
waktu untuk menentukan jurusan lebih cepat.
3.
Keputusan
yang diambil berdasar kepada objektifitas nilai siswa bukan subjektifitas
individu.
DAFTAR PUSTAKA
Fayyad, U.,
Piatetsky-Shapiro, G. dan Smyth, P. (1996), From Data Mining to Knowledge
Discovery in Databases, AAAI and The MIT Pres, 37-53.
Kadir. Abdul,
2008, Mudah Menjadi Programmer Visual Basic, Andi Offset Yogyakarta.
Yogytakarta,
Turban, E., and
Aronson, J.E., 2001, Decission Support System and |Intelligent System, 6th
Edition, Prentice Hall Inc., New Jersey.
Witten, Ian H dan Eibe Frank, 2005. Data
mining : Practical Machine Learning Tool and Technique. Second Edition. Morgan
Kaufmann.
0 komentar:
Posting Komentar